Program Lintas Media

Arsip Teater, Kafe Aktor, Kios Kuliner dan Buku

Setiap hari, 21 November-9 Desember 2016
Lobi dan Plaza Teater Kecil

Pameran Arsip Teater
Pameran arsip ini menampilkan sejumlah arsip yang berkaitan dengan pertumbuhan teater Indonesia di masa 1940-1960-an. Masa ini ditengarai sebagai masa transisi teater Indonesia, dari kelompok teater yang berupa tonil menjadi kelompok teater modern yang sangat mengandalkan naskah. Berdirinya kelompok teater Sandiwara Penggemar Maya yang dipimpin oleh Usmar Ismail pada 1944 bisa ditandai sebagai kian menguatnya orientasi kepada bentuk teater modern (Barat). Belum lagi dengan berdirinya Akademi Seni Drama dan Filma (Asdrafi) di Yogyakarta pada 1948 dan Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) di Jakarta pada 1955, makin kokohlah bentuk pilihan teater Indonesia modern. Pameran juga menampilkan arsip audio koleksi DKJ sepanjang berdirinya TIM hingga akhir 1970-an. Pameran akan disertasi diskusi pada Selasa, 25 November 2016, 14:00 WIB.

Kafe Aktor
Kafe Aktor adalah sebuah ruang showcase untuk aktor menyampaikan berbagai bentuk aksi performatif. Ruang yang dikosongkan dari target. Teater direduksi sampai ke batas anti-artistik dan aktor sepenuhnya hadir dengan tubuh sebagai media terakhir. Waktunya sekitar lima sampai 10 menit—seperti haiku dalam akting. Untuk mengikuti forum ini, para aktor dipersilakan mengajukan diri sendiri, tanpa seleksi. Forum ini menggunakan ruang-ruang dalam lingkungan festival di luar area gedung pertunjukan.

Kios Kuliner dan Buku
Sejumlah gerai kuliner dan kios buku sastra akan hadir sepanjang FTJ 2016. Para pengunjung bisa menikmati kesempatan ini di sela-sela menonton pertunjukan. Di kedai makanan dan minuman pengunjung bukan hanya bisa menikmati makanan dan minuman yang bervariasi dan dengan harga terjangkau, tetapi juga terlibat obrolan hangat mengenai pementasan dan isu-isu sosial-politik mutakhir. Sementara di kios buku pengunjung bisa mendapatkan buku-buku sastra dan humaniora bermutu, baru maupun bekas, dengan harga yang juga terjangkau.